MANFAAT OAT UNTUK KESEHATAN

Oatmeal merupakan makanan sumber karbohidrat yang kaya serat. Belakangan ini banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengonsumsi oatmeal, makanan ini dapat dijadikan alternatif pengganti nasi sehingga membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi, cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Untuk lebih jelasnya apa saja khasiat dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari oat, simaklah uraian berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol, Oatmeal kaya akan serat larut, yang juga ditemukan pada apel dan pir. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL (koletsterol jahat). Satu cangkir setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol kamukamu.

2. Mencegah kanker, Penelitian di International Journal of Epidemiology menyarankan agar wanita mengkonsumsi oatmeal secara rutin. Serat pada oatmeal mampu menyerang sel-sel karsinogen dan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh, sehingga mencegah tubuh dari perkembangan kanker. 41% koresponden yang melakukan diet oatmeal mengaku telah merasakan manfaat oatmeal. Dalam studi tersebut diungkapkan pula bahwa ternyata oatmeal ini bisa mencegah kanker payudara.

3. Mengurangi risiko hipertensi, Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tapi juga penurunan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah studi merekomendasikan agar wanita menopause, yang cenderung mengalami tekanan darah tinggi, mengonsumsi enam porsi oatmeal setiap minggu. Sedangkan bagi pria, bisa mengurangi resiko gagal jantung jika memakan satu mangkuk oatmeal tiap harinya.

6. Mengendalikan risiko diabetes, Oatmeal merupakan sumber magnesium, yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa dalam darah. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Untuk mendapatkan manfaat optimal, kamukamu bisa menambahkan susu rendah lemak ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes.

7. Mengontrol berat tubuh, Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal setiap hari akan membantu mengontrol berat badan, memperlancar sistem pencernaan dan juga mengatasi sembelit karena serat oatmeal membantu menjaga usus besar agar tetap bersih dengan memaksa sisa makanan keluar dari usus besar. Merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama akan mencegah kebutuhan camilan sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

Oat memang terasa hambar dan kurang nikmat jika memakannya hanya diseduh dengan air panas, di sini akan saya share sedikit mengenai beberapa resep olahan berbahan dasar oat agar kamukamu bisa nikmat secara rutin menyantap menu oat. Pilih dan kilik gambar di bawah ini ya:

pancake oat     fried chicken oat     klapertart

OAT     smoothies stroberi     bubur oat

 

 

 

 

Leave a comment