TEMPAT WISATA DI BALI

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia dan merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya adalah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Saat musim liburan, banyak sekali para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di bali. Namun, terkadang para wisatawan bingung menemukan tempat tujuan wisata di pulau dewata tersebut. Banyak sekali tempat wisata di Bali seperti, Kuta, Sanur, dan sebagainya. Berikut obyek wisata di Bali yang patut kamukamu kunjungi.

PANTAI KUTA

Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta menawarkan pasir putih yang terbentang sepanjang 7 kilometer. Pantai yang terletak di Kuta Bali ini konon memiliki pemandangan Sunset terbaik di dunia. Pantai Kuta berlokasi di Kabupaten Badung, sekitar 1,5 km dari Bandara Ngurah Rai ditempuh sekitar 5 menit. Di sepanjang Pantai Kuta terdapat berbagai macam restaurant, bar, cafe, hotel dan tempat belanja seru seperti beachwalk mall.

kuta

PURA TANAH LOT

Terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 13 km ke arah barat kota Tabanan. Dari Bandar udara Ngurah Rai dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Salah satu yang menjadikan tanah lot ini khas adalah keindahan pantai dan kesakralan pura (merupakan pura tempat memuja dewa laut) yang dibangun di dua tempat terpisah, satu dibangun di atas bongkahan batu besar dan satu nya lagi dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Pada saat air laut pasang, kamukamu tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut kamukamu dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini kamukamu juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

tanah lot

DANAU BERATAN BEDUGUL

Terletak diketingian 1250 meter diatas permukaan laut oleh karena itu Bedugul memiliki udara yang sejuk dan suhu berada di kisaran 17 hingga 25 derajat celcius. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan Pura Ulun Danu di pinggir danau yang di percaya sebagai tempat bersemayaman dewi sri atau dewi kesububuran. Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu: Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa. Wisatawan dapat menikmati pemandangan gunung, danau dengan cuaca yang sangat sejuk dan kebun raya serta permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul. Lokasi Bedugul terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 62,6 km dari Bandara Ngurah Rai. Jika dari Kota Singaraja sekitar 40 km lewat perjalanan darat.

bedugul

GARUDA WISNU KENCANA

Taman budaya yang memiliki luas 240 hektar berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan
, Kabupaten Badung. Merupakan simbol berupa patung dewa Wisnu karya pengukir dan pematung terkenal bernama I Nyoman Nuarta yang berdiri tegak menunggangi tunggangannya di bukit Unggasan dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter, salah satu mega proyek untuk dijadikan landmark atau maskot pulau Bali. Tapi sampai saat ini, tinggi patung hanya 20 meter, pembangunan patung Garuda Wisnu sampai saat ini belum selesai.

gwk

PANTAI JIMBARAN

Kawasan Selatan pesisir Bali , sekitar 5 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai (20 menit berkendaraan mobil). Terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, menawarkan berbagai daya tarik makanan laut apalagi dengan suasana sunset begitu indahnya dan suasana malam pesisir Jimbaran membawa ke suasana romantis, tenang dan mengesankan. Disini kamukamu bisa memilih sendiri hidangandan cara memasaknya, seperti Kepiting dan bermacam jenis ikan laut, bisa digoreng, di bakar atau dikukus, selain itu biasanya pihak pengelola tempat makan juga menyajkan hiburan live musik yang semakin membuat malam hari Anda di pantai ini kian menarik. Fasilitas akomondasi seperti Intercontinental, Four Seasons Resort, Karma Villa , spa dan tempat belanja lengkap tersedia

jimbaran

SANGEH

Berlokasi di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung dan berjarak sekitar 50 km atau memakan waktu lebih kurang 45 menit dari ibukota Denpasar. Selain obyek wisata, Sangeh juga merupakan kawasan hutan lindung yang luas areanya sekitar 14 hektar dan sebagian besar ditumbuhi dengan pohon-pohon pala (dipterrocarpustrinervis) setinggi lebih kurang 50 meter serta dihuni oleh sekitar 700 hewan kera abu-abu (macaca faciculais). Pada area hutan akan menemukan sebuah pura kecil yang disebut Pura Melanting dan pura yang lebih besar yang dinamakan Pura Pucak Sari. Pada pelataran pura ini, sering kali dipenuhi oleh kera-kera yang tengah bercanda riang. Di bagian sudut pura, terdapat beberapa patung-patung kera sebagai bagian dari arsitektur pura yang menakjubkan dan menurut ceritera masyarakat setempat, hutan dan kera-kera Sangeh merupakan duwe yaitu milik kepunyaan dewa yang melindungi tempat ini.

sangeh

TARI KECAK ULUWATU

Mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. di Bali ada beberapa pertunjukan tari kecak, namun tak ada yang sebagus di Uluwatu, menonton sambil menikmati indahnya sunset. Tarian tanpa iringan musik/gamelan apapun, tarian ini hanya di iringi dengan paduan suara yang berjumlah sekitar 70 orang pria. Konon tari ini berasal dari tarian sakral (Sang Hyang). Pada tari sang hayang seorang yang kemasukan roh berkomonikasi dengan para dewa yang sudah di sucikan. sehingga para dewa dapat menyampaikan sabdanya dengan para si penari. Sebelum memasuki kawasan pura, penjaga pura akan memberikan kain selendang untuk dikenakan di pinggang. Bagi yang berpakaian pendek di atas lutut, akan dipinjamkan sehelai kain untuk dipakai serupa sarung. Ini adalah salah satu peraturan yang hendaknya diikuti sebagai bentuk rasa hormat.

kecak

PANTAI DREAMLAND

Pantai ini memiliki ketenangan tersendiri dengan lokasi pantai yang berada di balik tebing. kamukamu dapat menyewa kursi panjang, yang dilengkapi dengan payung pantai sambil berjemur atau juga bisa langsung berbaring di atas pasir beralaskan kain pantai, sambil membaca buku atau novel, bermain selancar dan berenang menikmati jernihnya air. Pantai ini masuk di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung (dekat dengan GWK). Tempat ini juga memiliki karang yang luar biasa unik, sering sekali digunakan untuk pemotretan prewed. Untuk menuju kawasan ini menempuh waktu sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai. Akses letak pantai Dreamland sangat mudah dilalui dengan kendaraan bermotor.

dreamland

TANJUNG BENOA

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali.  Terletak di ujung selatan pulau Bali, terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung Bali. Tanjung Benoa ini adalah nama pantai yang berujung sempit. Jarak tempuh bila hendak ke pantai ini kira-kira 12 km dari Bandara Ngurah Rai, lebih kurang 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Jenis permainan air yang dapat dimainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Pantai Tanjung Benoa sangat tenang airnya, berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu yang berombak besar sehingga menjadikan kawasan Pantai Tanjung Benoa ini sebagai satu-satunya tempat untuk permainan-permainan olah raga air yang menyenangkan. Selain itu kamukamu juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

benoa

ARUNG JERAM SUNGAI TELAGA WAJA 

Wisata arung jeram di Sungai Telaga Waja Bali ini terletak di desa Muncan, Karangasem, Bali bagian timur yang dapat dicapai dalam kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari daerah wisata Kuta, Legian, Sanur dan Seminyak. Tempat ini menjadi menarik karena lokasinya yang berpadu dengan petak-petak sawah dan hijaunya perbukitan yang menaunginya.Air yang mengalir deras dengan beberapa jeram dan bebatuan sebagai rintangan menjadi pilihan yang cocok bagi kamukamu untuk memacu adrenalin serta menguji nyali. Telaga waja memiliki jeram dengan tinggi hampir 5 meter, tapi sangat aman. Di akhir pengarungan kamukamu akan meloncati sebuah pintu air setinggi kurang lebih 4 meter, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga kamukamu.

telaga waja

Leave a comment